Jatim Times Network Logo
06/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jurnalis Israel Diturunkan Sopir Taksi hingga Diusir Pemilik Restoran di Qatar

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

26 - Nov - 2022, 07:57

Ilustrasi pembelaan ke Palestina (foto: istimewa)
Ilustrasi pembelaan ke Palestina (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Jurnalis asal Israel Dor Hoffman yang meliput Piala Dunia 2022 Qatar diusir oleh sopir taksi. Hal tersebut terjadi lantaran sang sopir mengetahui bahwa orang tersebut adalah warga Israel.

Dikutip dari berbagai sumber, sopir taksi tersebut menjemput Hoffman pada pagi hari. Tapi masuk setengah perjalanan, sang sopir mengetahui penumpangnya adalah orang Israel.

Baca Juga : Larangan Ekspor Nikel Jadi Penyebab Indonesia Kalah WTO

Kemudian sopir menghentikan kendaraannya dan meminta penumpangnya tersebut turun. “Sesuatu yang sama sekali tidak dia sukai,” ujar Hoffman saat berbagi kisah di acara studio Piala Dunia KAN News.

Selain meminta penumpang turun, sopir juga tak menerima uang dari Hoffman. “(Alasannya) mereka (Israel) telah membunuh saudaranya (Palestina),” cerita Hoffman.

“Dia mengatakan dia tidak akan mengambil uang karena kami membunuh saudara-saudaranya. Kami baik-baik saja lalu berganti taksi,” imbuh Hoffman.

Hoffman pun semakin terpojok. Sebab, selain diturunkan sopir taksi, d mengaku telah diusir di salah satu restoran di Qatar. Pengusiran terjadi setelah pemilik restoran bertanya dari mana dia berasal.

“Pemiliknya bertanya untuk mengetahui dari mana kami berasal. Dia memanggil penjaga keamanan untuk mengawal kami pergi setelah mengetahui kami orang Israel,” kata Hoffman.

Tak hanya itu. Pemilik restoran juga meminta Hoffman menghapus seluruh foto dan video yang diambil saat di restoran. “Saya merasa terancam,” ujar Hoffman.

Baca Juga : Undangan Pernikahan Tersebar, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Berikan Klarifikasi

Atas peristiwa yang dialaminya, Hoffman mengaku ada banyak hal yang harus didiskusikan. “Kita harus belajar mengatasi insiden ini. Itu bisa terjadi pada siapa saja. Kita perlu menjaga diri sendiri aman dan memahami ini adalah bagian dari kesepakatan (bepergian ke Qatar). Saya tidak tertarik dengan cerita-cerita ini. Saya ingin berbicara tentang sepak bola," ungkapnya.

Setelah itu, Hoffman memberikan saran bagi orang Israel bahwa saat tiba di Qatar harus mengatakan berasal dari Malta. Menurut dia, orang Qatar tak mengetahui apa pun tentang Malta. “Tidak ada yang tahu apa-apa tentang Malta,” kata Hoffman.

Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar diketahui tak memiliki hubungan resmi atau spesial dengan Israel. Hanya, Qatar bekerja sama dengan pejabat Israel terkait penerbangan ke Doha.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy