Jatim Times Network Logo
06/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Jokowi Sebut Ciri Pemimpin Punya Kerut Wajah dan Rambut Putih, Kode Dukung Ganjar Pranowo?

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

26 - Nov - 2022, 06:09

Momen Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (foto:google)
Momen Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (foto:google)

JATIMTIMES - Beredar pernyataan Presiden Jokowi yang disampaikan kepada relawan soal ciri pemimpin yang memikirkan rakyatnya, pada Sabtu (26/11/2022). Pernyataan Jokowi dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu itu pun menuai atensi dari publik. 

Dalam konteks pernyataan itu, Jokowi hendak memberikan pesan kepada relawan agar memilih pemimpin yang tepat di 2024 mendatang. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut seorang pemimpin bisa dilihat dari penampilannya. 

Baca Juga : Undangan Pernikahan Tersebar, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Berikan Klarifikasi

"Perlu saya sampaikan. Perlu saya sampaikan, pemimpin, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan, dari mukanya itu kelihatan," kata Jokowi di hadapan relawan yang berkumpul di GBK, dilansir dari video YouTube Kompastv. 

Kemudian Jokowi juga menyebut kerutan wajah hingga rambut putih menjadi ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyatnya. 

"Dari penampilannya juga kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya, karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu," ungkap Jokowi. 

"Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga rambutnya, kalau rambutnya putih semua, ini mikir rakyat ini," tegas Jokowi, mengulangi pernyataannya. 

Pernyataan itu pun menuai atensi dari warganet. Bahkan hingga berita ini ditayangkan, frasa 'rambut putih' menduduki tangga top trending di Twitter dengan 9 ribu cuitan. 

“Jadi gini analisanya, setelah ada clue si Rambut Putih, maka artinya Prabowo dan Puan sudah tak lagi didukung Jokowi,” tulis warganet. 

"Kalau koalisi Prabowo Puan atau Puan Prabowo tetap ngikut Pilpres, maka artinya Ganjar jadinya ga punya partai, dan hanya dicalonkan oleh PSI doang. Faham ya?," @abu_wa***. 

Baca Juga : Tampil Menawan Saat Main Tenis, Syahrini Kerap Satukan Atasan dan Rok

Selain warganet, pakar pun menyebut dugaan kuat Jokowi beri sinyal dukungan ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

"Dari tiga kandidat capres terkuat yang kini bertengger di peringkat teratas, yakni Ganjar, Prabowo dan Anies, hanya Ganjar-lah yang memiliki penampakan rambut putih mencolok. Sinyal kuat Presiden Jokowi untuk Ganjar," kata Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro, dilansir CNN. 

Soal dukungan ke Ganjar Pranowo, Agung menyebut bukan kali pertama diungkapkan Jokowi. 

"Beberapa waktu lalu (20/5) dalam acara Projo, Gubernur Jawa Tengah langsung diundang dalam acara tersebut," katanya. 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri