Jatim Times Network Logo
06/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Dapat Dukungan Langsung dari Jokowi, PT Pindad dan IDST akan Bangun Pabrik Amunisi di Kota Malang

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Nov - 2022, 10:15

Presiden Indonesia, Joko Widodo (foto: internet)
Presiden Indonesia, Joko Widodo (foto: internet)

JATIMTIMES - Pada Jumat (4/11/2022) kemarin merupakan hari peresmian kerja sama antara PT Pindad dengan Indonesian Defense and Security Technologies (IDST).

Kerja sama tersebut meliputi rencana PT Pindad yang akan membangun pabrik amunisi di Kota Malang. 

Baca Juga : 5 Seleb TikTok Ini Miliki Income Terbesar di Dunia 

Jalinan kerja sama serta penandatanganan dari kedua belah pihak tersebut disampaikan langsung oleh PT IDST, Emrah Dundar.

Ia mengatakan penandatanganan tersebut sebagai bentuk dukungan dan kontribusi IDST dalam mendorong kemandirian ekonomi Indonesia.

"Penandatanganan Head of Agreement ini adalah bentuk komitmen dan kontribusi nyata IDST dalam mendukung kemandirian Indonesia dalam mengembangkan industri pertahanan dalam negeri," ujarnya, Senin (7/11/2022).

Sementara, VP Business Operations PT IDST Ruwandi menegaskan, sudah mempersiapkan segala kebutuhan pembangunan amunisi tersebut.

Adapun persiapan yang telah ia siapkan diantaranya aspek ekonomi, bisnis, hukum, dan lingkungan. 

Lebih lanjut ia berharap rencana baik itu bisa segera rampung pada pertengahan Tahun 2023.

"PT IDST sendiri berkomitmen menjadi kontributor dan mitra terbaik pemerintah dalam menyediakan alat-alat sistem pertahanan negara seperti Anti-Drone, ballistic material, persenjataan, dan teknologi pesawat tanpa awak," jelas Ruwandi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga turut mendukung adanya rencana pembangunan amunisi ini.

Ia bahkan meninjau langsung Indo Defence 2022 Expo & Forum yang digelar di Jiexpo Kemayoran, Jakarta.

Jokowi sangat mengapresiasi adanya ajang promosi bagi produk peralatan pertahanan dan keamanan dalam negeri itu.

Baca Juga : Dinas PU Kota Malang Pastikan Andesit di Kawasan Tugu Chairil Anwar Tidak Mudah Bergelombang

Pagi hari ini saya baru saja meninjau Indo Defence 2022 bersama Pak Menteri Pertahanan Pak Prabowo. Ini saya melihat bagus untuk promosi juga utamanya produk peralatan pertahanan dan keamanan," kata Jokowi di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11).

Setelah meninjau langsung, Jokowi menilai kegiatan tersebut perlu meningkatkan nilai kerja sama dengan beberapa perusahaan di luar negeri.

Lebih lanjut ia mengatakan pertahanan di dalam negeri ini perlu ikut menyikapi perkembangan global yang terjadi.

"Indikasi anggaran pertahanan di negara-negara NATO, di Timur Tengah dan juga di Asia Timur ini ada kecenderungan naik sangat drastis serta kemunculan teknologi-teknologi militer yang baru ini juga perlu kita ikuti bersama," ungkapnya.

Kemudian, Jokowi juga mengapresiasi perkembangan industri pertahanan dalam negeri yang dinilai telah berjalan dengan sangat baik. Seperti halnya Defence Industry Indonesia atau Defend ID yang menargetkan masuk dalam 50 perusahaan kelas dunia.

Untuk itu, Jokowi berharap agar produk-produk yang sudah dimiliki saat ini bisa tetap dipertahankan dan bahkan terus kembangkan.

"Tentu saja dengan produk-produk yang kita miliki sekarang harus dikembangkan sebaik mungkin," ucapnya.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni