Jatim Times Network Logo
06/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Penggunaan Paylater 13,6 Persen Didominasi Generasi Mileneal dan Gen Z

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Nov - 2022, 04:52

Ilustrasi paylater (mp2fintech)
Ilustrasi paylater (mp2fintech)

JATIMTIMES - Metode pembayaran yang dulunya manual, kini semakin beragam. Mulai dari cicilan kartu kredit hingga digital payment atau paylater.

Namun dari sebuah survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) di kalangan generasi muda, baik kalangan mileneal maupun generasi Z, mereka lebih memilih metode pembayaran paylater.

Baca Juga : Migrasi TV Digital, Masyarakat Bisa Dapat STB Gratis, Begini Caranya

Dalam riset berjudul "Survei Perilaku Keuangan Generasi Milenial dan Gen Z", melibatkan 5.204 responden. Survei ini dilakukan secara daring beberapa waktu lalu. Dalam survei digali penggunaan metode pembayaran cicilan yang diketahui paylater menjadi favorit generasi muda dalam penggunaannya.

Dari hasil survei, diketahui kartu kredit dipakai oleh sekitar 7,6 persen generasi mileneal dan generasi Z. Sedang paylater, dipakai sekitar 13,6 persen generasi milenial dan Gen Z. 

Paylater memang menjadi pendukung gaya hidup bagi kalangan muda. Namun, perbandingan pada generasi mileneal dan generasi Z, pemakaian paylater lebih didominasi pada generasi mileneal. Penggunaannya sebanyak 16,5 persen. Sementara untuk generasi Z, penggunaan paylater hanya 9,7 persen. 

Adek Media Roza, Vice President Katadata Insight Center menyampaikan, lebih dominannya pemakaian paylater lantaran penggunaannya yang mudah. Selain itu, dalam proses pendaftarannya pun tergolong mudah dan tak merepotkan. 

Dalam penggunaannya, diketahui pembayaran menggunakan paylater banyak digunakan untuk membeli kebutuhan fashion, aksesoris, pulsa, gawai, makanan maupun elektronik.

Baca Juga : Gandeng GPEI, Bank Jatim Dorong UMKM untuk Ekspor

"Pada Gen Y (milenial), paylater paling banyak digunakan untuk membeli gadget, sedang pada Gen Z, paylater paling banyak digunakan untuk fesyen dan aksesoris," ujarnya dikutip dari marketeers.

Selain menjadi kebutuhan atau pendukung gaya hidup generasi muda, kebutuhan mendesak masyarakat yang datang sebelum masa gajian mendorong dalam penggunaan paylater. Alternatif cicilin yang mudah, bahkan tergolong ringan serta tingkat kepercayaan yang rendah terhadap pinjaman online menjadi faktor yang juga mempengaruhi pemakaian paylater.

Sementara itu, paylater merupakan metode pembayaran tanpa menggunakan kartu fisik. Konsumen dapat melakukan transaksi saat ini dan dapat melakukan pembayaran pada keesokan harinya. Paylater juga menyediakan tenor waktu cicilan dengan opsi besaran yang tersedia.  


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni