Jatim Times Network Logo
06/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Unisma Kukuhkan 1.635 Wisudawan, WR 1 Harapkan Alumni Jaga Nama Baik Almamater 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

30 - Oct - 2022, 07:57

Para wisudawan yang akan dikukuhkan Unisma (Ist)
Para wisudawan yang akan dikukuhkan Unisma (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar wisuda ke-68. Ada 1.635 mahasiswa yang diwisuda dengan dibagi dua sesi, yakni pada Sabtu (29-10/2022) 823 wisudawan dan Minggu 812 wisudawan (30/10/2022). 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof Dr Junaidi MPd PhD menyampaikan, pada wisuda ini tidak memakai sistem semester lagi, akan tetapi memakai sistem periode. 

Baca Juga : Juragan 99 Mundur dari Arema, Akmal Marhali: Preseden Buruk Sepak Bola Nasional

Peserta wisuda ini merupakan mahasiswa yang telah melakukan Yudisium pada April hingga Agustus 2022. Pada periode ini, sebagian besar para wisudawan banyak yang lulus tepat waktu. 

1

"Dan para periode ini pertama kalinya, Prodi Farmasi menelurkan lulusan dari angkatan pertama sebanyak lima orang," ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya berpesan agar para wisudawan dapat  mengamalkan ilmunya sesuai bidang keahliannya masing-masing. Para mahasiswa diharapkan mampu mengambil peran dan memberikan berkontribusi  bermanfaat di tengah masyarakat. Sebab, citra dan bagaimana kampus Unisma ada di alumninya. 

"Bagaimanapun gambar Unisma di masyarakat ya ada pada alumni. Meski mereka telah lulus dan menjadi alumni, mereka tetap menjadi bagian dari Unisma," tuturnya.

2

Dalam wisuda ke 68 ini, terdapat beberapa mahasiswa yang mendapatkan predikat terbaik ditingkat universitas. Mereka di antaranya adalah Shoni Rahmatullah Amrozi lulusan terbaik dari Program Doktor Prodi Pendidikan Agama dengan IPK 3,90; Ika Tunjung Sari, mahasiswi S2 Prodi Kenotariatan yng lulus dengan IPK 4.00 dan Lulusan terbaik dari Program Profesi Dokter adalah Erfina Daniati dengan IPK 3,93.

Sedangkan lulusan terbaik Program Sarjana diraih Elif Luthfiyah Hanum, mahasiswi Prodi Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 4,00, terbaik kedua, yakni Komariyah SPd dengan IPK 4.00 dan terbaik ketiga Ratna Dewi SPd dengan Raihan IPK 3,97. 

Sementara itu, Elif menyampaikan kesan-kesan selama studi di Unisma. Selama menempuh studi di kampus Nahdlatul Ulama ini, pihaknya sangat merasa nyaman dengan lokasi yang representatif dan fasilitas yang sangat mendukung, termasuk juga dari SDM dosen.

Baca Juga : Unikama Mewisuda 482 Wisudawan, 66 Persen Mahasiswa Lulus Cumlaude

"Selama saya kuliah di Unisma sangat nyaman dan mendapatkan dosen yang kompeten dan jadi panutan," paparnya.

Mahasiswa terbaik lulusan program Profesi Dokter, Erfina menyampaikan, jika awalnya ia ingin menempuh Studi di Jawa Tengah. Tetapi, atas rekomendasi teman sang orang tua, ia kemudian menempuh studi di Jawa Timur, lebih tepatnya di Unisma yang memiliki Fakultas Kedokteran yang sangat bagus dan beberapa kali berturut-turut 100 persen lolos UKMPPD.

Masuk ke fakultas kedokteran, diawal diakui Erfina cukup berat. Awalnya ia cukup kesulitan untuk menyesuaikan dengan kegiatan belajar di fakultas kedokteran. Namun dengan motivasi yang kuat dan strategi yang kemudian diketahuinya, proses belajar di Fakultas Kedokteran dapat disesuaikan.

"Awalnya memang agak sulit menyesuaikan. Tidak tau strategi, tapi dengan program kakak asuh, kemudian menjadikan saya punya strategi.  Yang penting punya motivasi diri, usaha dan doa," pungkasnya.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri