Jatim Times Network Logo
01/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Allah Pernah Kabulkan Permintaan Makhluk Laknat Ini

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

30 - Oct - 2022, 08:14

Ilustrasi jin (pixabay)
Ilustrasi jin (pixabay)

JATIMTIMES - Jin atau Iblis merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah. Dalam Al-Qur'an, dijelaskan golongan jin diciptakan Allah SWT dari api. 

Meski ada golongan jin kafir atau iblis yang terus berupaya menjerumuskan manusia, Allah SWT pernah mengabulkan beberapa permintaan jin. Hal itu dijelaskan dalam Al-Qur'an dan hadis-hadis. 

Baca Juga : Relokasi 200 KK, Bupati Tulungagung: InsyaAllah Tahun Ini

Diolah dari Kalam Sindo dan beberapa sumber lain, hadis riwayat Muslim menjelaskan, "Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang disifatkan (diceritakan) kepada kalian." (HR Muslim)

Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abbas, Allah menciptakan bapak jin bernama Saum dari api yang berkobar-kobar. Saat itu, Allah sempat menanyai Saum tentang permintaannya. Sampai akhirnya, Allah pun kemudian mengabulkan permintaannya. 

"Katakan permintaanmu!". Saum menjawab: "Kami meminta kepada-Mu agar kami dapat melihat, tetapi kami tidak mampu dilihat, kami sirna di Bintang Tsura, dan kami tidak mati kecuali kami dalam kondisi muda seperti anak kecil." 

Dalam Surah Al A'raf Ayat 14, setelah terusir dari Surga, iblis kemudian berdoa kepada Allah, "Berilah aku penangguhan waktu, sampai hari mereka dibangkitkan."

Iblis memohon kepada Allah diberikan umur panjang untuk dirinya dan anak keturunannya. Dalam Surat Al A'raf Ayat 15, Allah menjawab doa tersebut, "Benar, kamu termasuk yang diberi penangguhan waktu."

Selain itu, terdapat permintaan iblis yang dikabulkan  Allah SWT. Iblis meminta agar dirinya dapat selalu ikut bersama dengan orang-orang yang berzina. Iblis meminta agar diperbolehkan ikut bersama orang-orang yang melakukan perjalanan dengan tujuan yang tidak baik, seperti maksiat

Baca Juga : Arawinda Klarifikasi Soal Tuduhan Pelakor, Amanda Zahra: Delusi 

Kemudian, iblis meminta agar pemabuk menjadi teman tidurnya. Iblis juga meminta pasar sebagai masjidnya. 

Bukan hanya itu. Iblis meminta diberi saudara, yaitu manusia yang membelanjakan hartanya untuk maksiat. Iblis juga meminta syair-syair sebagai Qu’rannya.

Selanjutnya, iblis meminta agar kamar mandi atau toilet sebagai rumahnya. Iblis juga meminta untuk diberikan  kemampuan bergerak dalam aliran darah manusia. Terakhir, iblis juga meminta supaya bisa melihat manusia, sementara manusia tidak bisa melihatnya.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy