Jatim Times Network Logo
01/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tunjang Sistem Irigasi Pertanian, Mahasiswa TI Unikama Ciptakan Inovasi Aplikasi Monitoring System

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

26 - Oct - 2022, 06:48

4 mahasiswa Unikama melaksanakan Program Riset Keilmuan LPDP yang dilaksanakan di PT Inovasi Teknologi Desa selama empat bulan (Ist)
4 mahasiswa Unikama melaksanakan Program Riset Keilmuan LPDP yang dilaksanakan di PT Inovasi Teknologi Desa selama empat bulan (Ist)

JATIMTIMES - Empat mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (TI) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), melaksanakan magang keilmuan bidang energi terbarukan. Hal ini merupakan Program Riset Keilmuan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang dilaksanakan di PT Inovasi Teknologi Desa selama empat bulan. 

Keempat mahasiswa tersebut adalah Alfa Wahyu Budianto, Rizki Putra Utama Endriansyah, Muhammad Ferrari Firmansyah dan Ahmad Syamsudin.

Baca Juga : Unisma Raih Akreditasi Institusi "Unggul", Jadi PTNU Pertama Peraih Akreditasi Tertinggi

Melalui implementasi program riset keilmuan LPDP ini, diharapkan dapat menyukseskan kebijakan MBKM. Selain itu, hal ini untuk meningkatkan kualitas lulusan, kualitas dosen, kualitas kurikulum pembelajaran dan meningkatkan mutu relevansi pendidikan tinggi dalam dunia usaha dan industri (DUDI). Sehingga, dengan begitu dapat berkontribusi nyata dalam daya saing bangsa. 

Dalam pelaksanaan program magang yang dilaksanakan tersebut, dipimpin oleh Kurriawan Budi Pranata MSi selaku dosen pembimbing lapangan. Dijelaskan Kurriawan, bahwa program magang ini berfokus bidang energi terbarukan. 

Tentunya pada sektor implementasi penggunaan baterai pada panel sel surya, adalah untuk menunjang sistem irigasi pertanian yang secara umum disebut hydrosol. Lokasi project hydrosol ini diterapkan pada lahan pertanian jagung di wilayah Kepanjen seluas satu hektare. 

"Magang ini diperuntukan bagi mahasiswa semester lima dan tujuh yang mengarah pada percepatan lulusan sebagai triger tema skripsi mahasiswa yang berdampak pada karya skripsi yang relevan dengan DUDI," tuturnya. 

Selama empat bulan, mahasiswa juga dibimbing secara intensif oleh Fauzan Azhiman selaku direktur PT. Inovasi Teknologi Desa. Hal ini untuk mendorong inovasi dalam menciptakan karya berupa aplikasi monitoring system daya kelistrikan panel surya secara real time dengan menerakan konsep IoT. 

Baca Juga : BPJS Kesehatan Cabang Malang Bersama Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi Program JKN

Tidak hanya jago dalam membuat aplikasi inovasi karya, mahasiswa juga dituntut untuk menulis dan melaporkan hasil karya dalam suatu jurnal terakreditasi. Dengan demikian, karya yang diciptakan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. 

Oleh karena itu, program magang riset keilmuan ini memiliki dampak dan manfaat yang sangat besar pada Leraning Outcome Perguruan Tinggi. Di era revolusi industri 4.0, perlu meningkatkan akses pendidikan tinggi dan link and match antara lulusan pendidikan tinggi dengan dunia kerja.

Dampak dan manfaat nyata kepada mahasiswa, adalah sebagai pemicu percepatan kualitas lulusan melalui konversi SKS, penentuan ide tema skripsi, dan literasi ilmiah. Manfaat bagi dosen sebagai hilirisasi keilmuan yang relevan dengan permasalahan dunia industri. 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri