Jatim Times Network Logo
06/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Tak Menyadari Bahayanya, 13 Juta Pengguna Smartphone Telah Instal Adware Berbahaya Bernama Scylla

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

15 - Oct - 2022, 07:36

Ilustrasi adware berbahaya (pixabay)
Ilustrasi adware berbahaya (pixabay)

JATIMTIMES - Fakta Mengejutkan, Advertising-supported Software (Adware) berbahaya ditemukan telah diunduh dan diinstall para penguna Android dan IOS sebanyak 13 juta lebih. Hal itu terkuak dari informasi yang diunggah Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri melalui akun Twitter resminya. 

Untuk diketahui, Adware merupakan software yang dikembangkan untuk mendistribusikan iklan online secara otomatis ke dalam user interface sebuah software atau screen pengguna. 

Baca Juga : PUPR Tulungagung Respons Cepat Perbaiki Jalan Rusak di Desa Karanganom

Adware ini dapat mengganggu dan mengurangi performa perangkat, menguras kuota dan produktivitas kerja. Bahkan, bisa saja mencuri data pengguna. Meski ancamannya bagi pengguna umum tidak terdengar serius, namun jangan salah, operator di balik Adware itu bisa menggunakan ciptaannya untuk menjalankan operasi yang lebih berbahaya, seperti halnya menyebarkan malware.

Dijelaskan bahwa dalam sebuah laporan, terdapat 75 aplikasi di toko aplikasi android dan 10 aplikasi di toko aplikasi IOS telah terinfeksi adware berbahaya bernama Scylla. Bahkan, telah banyak orang atau pengguna android telah menginstal aplikasi tersebut tanpa mengetahui bahayanya. 

Tim Intelijen dan Riset Ancaman Humans Satori menemukan Adware Scylla. Serangan Scylla pertama kali kami laporkan pada Agustus 2019 dan berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

"Total aplikasi-aplikasi tersebut telah mencapai 13 juta instalasi," tulis dalam grafis unggahnya, Senin (14/10/2022).

Lebih lanjut, selain membanjiri pengguna dengan iklan, baik yang tersembunyi maupun yang terlihat, aplikasi berbahaya ini juga mendapatkan keuntungan meniru aplikasi atau tayangan yang sah.

Untuk itulah, jika menginstal aplikasi yang tersusupi adware Skylla, maka hendaklah segera dihapus. Pengguna android bisa mengaktifkan Play Protect. Aplikasi tersebut bahkan melindungi dan mendeteksi otomatis jika terdapat Scylla. Selain pada perangkat Android, saat ini masih belum diketahui bagaimana cara menghapus adware pada perangkat lain yang sudah menginstal. 

Baca Juga : Sam Smith Dapat Hadiah Penis 2 Ton dari Ed Sheeran, Hingga Diangkut Gunakan Crane

Sementara itu, berikut ini beberapa aplikasi yang telah tersusupi Adware Scylla pada Android dan IOS. 

Aplikasi android antara lain, Super Hero-Save the world! - com.asuper.man.playmilk; Dinosaur Legend-com.huluwagames.dinosaur.legend.play; 
Find 5 Differences - com.find.five.subtle.differences.spot.new; Shoot Master - com.shooter.master.bullet.puzzle.huahong. 

Kemudian aplikasi pada IOS yang tersusupi Scylla antara lain, Run Bridge - com.run.bridge.race (id1584737005);Rope Runner - com.rope.runner.family (id1614987707); com.fire.wall.poptit; Racing Legend 3D - com.racing.legend.like (id1589579456).


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana