27/11/2022 Panglima TNI Andika Perkasa Masuk Bursa Capres, Jadi "Rebutan" PKB-NasDem | Ponorogo TIMES

Panglima TNI Andika Perkasa Masuk Bursa Capres, Jadi "Rebutan" PKB-NasDem

May 26, 2022 09:50
Panglima TNI Andika Perkasa (Foto: IST)
Panglima TNI Andika Perkasa (Foto: IST)

Pewarta: Desi Kris | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut bahwa Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memiliki kapasitas untuk maju menjadi calon presiden (capres). Bahkan, PKB mengaku akan mempertimbangkan Andika jika ia memang ingin maju sebagai capres usai pensiun dari TNI.

"Jenderal Andika punya kapasitas untuk maju menjadi capres," ujar Waketum PKB Jazilul Fawaid.

Baca Juga : Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK Digelar Hari Ini dengan Konsep Adat Jawa

"Terserah Gus Muhaimin saja sebab PKB memberikan mandatnya kepada Gus Muhaimin maju menjadi Capres," kata Jazilul. 

Jazilul lantas menyebut Andika cocok jika menjadi cawapres berpasangan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai capresnya. 

"Kami setuju jika Pak Andika bersanding menjadi Wapresnya Gus Muhaimin. Pantes banget, TNU dan TNI, sama nasionalis hijau, pasangan sipil-militer," cetus Jazilul.

Di sisi lain, Anggota DPR dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan menyebut Jenderal Andika Perkasa dan pimpinan DPR RI Rachmat Gobel akan jadi salah satu pasangan capres-cawapres yang akan diajukan di rakernas NasDem. Ia menyebut kedua orang itu diwacanakan NasDem untuk diusung pada Pilpres 2024.

"Apabila diamati, ada dua nama yang baru saja diwacanakan untuk menjadi nama-nama capres yang mungkin diusulkan dalam Rakernas Partai NasDem di Jakarta nanti," kata Farhan. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan 2 nama itu adalah Jenderal Andika Perkasa sebagai sosok yang mewakili kader pemimpin nasional dari TNI. Selain itu, Rahmat Gobel menjadi sosok mewakili kader pemimpin nasional dari wilayah timur Indonesia.

Seperti apa respons Andika Perkasa yang namanya kerap disebut masuk bursa Pilpres 2024 mendatang? 

Baca Juga : Partai Demokrat Sarankan Anies Masuk Parpol Demi Pilpres 2024

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sendiri, telah buka suara soal namanya yang masuk bursa Pilpres 2024. Andika menegaskan saat ini ia masih fokus pada tugasnya sebagai Panglima TNI.

"Yang jelas saya sekarang masih bertugas sebagai Panglima TNI. Saya harus fokus kepada pekerjaan saya," kata Andika dikutip Kamis (26/5/2022). 

Kendati demikian, ia mengapresiasi dukungan dari masyarakat kepada dirinya. Andika menilai hal itu adalah bentuk kepercayaan masyarakat terhadap dirinya.

"Saya terima kasih banyak atas dukungan dari banyak orang, dan saya sangat menghargai sekali karena kan itu kepercayaan kepada saya pribadi maupun mungkin sebagai wakil dari institusi TNI," ujar Andika. 

Judul berita Panglima TNI Andika Perkasa Masuk Bursa Capres, Jadi "Rebutan" PKB-NasDem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
panglima TNI andika perkasa bursa pilpres 2024

Berita Lainnya