27/11/2022 Jokowi Tegas Larang Menterinya Bicara soal Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Masa Jabatan Presiden | Ponorogo TIMES

Jokowi Tegas Larang Menterinya Bicara soal Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

Apr 06, 2022 13:22
Presiden Joko Widodo (Foto: YouTube  Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

Pewarta: Desi Kris | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Wacana penundaan pemilu 2024 hingga perpanjangan masa jabatan presiden belakangan memang menjadi isu politik yang panas diperbincangkan. Menanggapi isu tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun akhirnya angkat bicara. 

Dengan tegas, Jokowi melarang para menterinya bicara soal penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. Arahan itu disampaikan kepada para menterinya dalam sidang kabinet paripurna pada Rabu (5/4/2022).

Baca Juga : Relawan MaS Sandi Malang Deklarasi Dukung Sandiaga Uno menjadi Presiden RI 2024

Awalnya, Jokowi meminta agar para menteri sensitif pada kesulitan rakyat serta memiliki empati. Para menteri harus bisa menjelaskan penyebab kondisi saat ini sulit dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan.

"Jelaskan situasi global yang sedang sangat sulit. Sampaikan dengan bahasa rakyat dan langkah-langkah yang sudah diambil pemerintah itu apa dalam menghadapi krisis dan inflasi," kata Jokowi dikutip dari tayangan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4/2022).

Di akhir arahannya, Jokowi meminta para menteri tidak membuat polemik di masyarakat di tengah kondisi sulit ini. Larangan itu termasuk soal polemik penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

"Jangan menimbulkan polemik di masyarakat. Fokus pada bekerja dalam penanganan kesulitan yang kita hadapi," ucap Jokowi.

"Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan  mengenai urusan penundaan, urusan perpanjangan. Ndak," tegas Jokowi lagi. 

Baca Juga : Kado 108 Tahun, Pemkot Malang Pertahankan SAKIP Level Memuaskan dan Terus Akselerasi Reformasi Birokrasi

Dalam beberapa waktu terakhir, wacana penundaan pemilu hingga perpanjangan masa jabatan presiden berkali-kali mengemuka. Presiden Jokowi sendiri  menegaskan, bahwa dirinya taat konstitusi terkait wacana tersebut.

Mantan wali kota Solo itu juga mengaku tidak berminat untuk memperpanjang masa jabatan presiden menjadi 3 periode. "Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak ada juga berminat menjadi presiden tiga periode," kata Jokowi pada Senin (15/3/2021) lalu dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Judul berita Jokowi Tegas Larang Menterinya Bicara soal Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Masa Jabatan Presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Presiden Joko Widodo Jokowi

Berita Lainnya