Habib Rizieq (Foto: Pikiran Rakyat)
Habib Rizieq (Foto: Pikiran Rakyat)

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq kini kembali menjadi sorotan. Pasalnya, beredar sebuah video ucapan dari sejumlah WNI di Arab Saudi.  

Video tersebut menunjukkan mereka yang melepas perjalanan Habib Rizieq akan pulang ke Indonesia dengan membawa spanduk. Spanduk tersebut bertuliskan "Selamat Jalan Guru Kami Al Habib Muhammad Rizieq Shihab ke Indonesia".  

Baca Juga : Pulang Ceramah dan Tengah Bekam, Gus Nur Diamankan Bareskrim Polri

 

Awalnya, informasi tersebut beredar di media sosial hingga menjadi viral pada Minggu (25/10/2020).

"Selamat jalan guru kami Al Habib Muhammad Rizieq Shihab pulang ke Indonesia membawa kemenangan," kata orang-orang dalam video tersebut yang diunggah di akun Twitter @HrsCenter.  

Isu kepulangan Habib Rizieq ke Tanah Air memang sudah beredar sejak lama. Namun hingga kini memang Habib Rizieq tak kunjung pulang.  

Terkait kabar ini, akun Twitter FPI @DPPFPI_ID juga memberikan pengumuman jika Habib Rizieq akan kembali ke Indonesia.  

"Terima kasih kepada Otoritas Saudi Arabia, yang telah mencabut cekal dan membebaskan semua dari denda. Dikarenakan Arab Saudi menilai Habib Rizieq tidak bersalah," tulis @DPPFPI_ID. 

 

 

Di sisi lain, akun twitter @aRa_102020 juga mengunggah sebuah video pemasangan baliho penyambutan Habib Rizieq di Indonesia.  

"Proses Pemasangan Baliho 5x10meter "Selamat datang IB-HRS" JL.KS TUBUN Petamburan III Markaz Syariah - Jakarta Pusat," tulis akun tersebut.  

Tampak dalam video tersebut puluhan orang berkumpul untuk memasang Baliho berwajah Habib Rizieq.

 

 

Selain itu, beredar pula video Habib Rizieq yang secara langsung mengklaim dirinya dan keluarga akan segera kembali ke Indonesia. Dalam video berdurasi 01.30 menit itu tampak Habib Rizieq yang duduk di sofa sambil berbicara kepada belasan orang.  

Baca Juga : Muncul Video Detik-Detik Gus Nur Diamankan Bareskrim Polri

"Di mana Insya Allah kalau tak ada halangan, saya dan sekeluarga akan kembali ke Tanah Air. Insyaallah dalam waktu dekat, saya kembali ke Indonesia ke Tanah Air dan kembali berjuang bersama umat Islam di kita punya negeri tercinta," kata Rizieq dalam video tersebut.

Ia mengatakan jika kepulangannya ke Indonesia merupakan wujud cinta terhadap Tanah Air. Pasalnya Indonesia sendiri kini sedang dalam kondisi yang memprihatinkan.  

"Supaya kita bergandeng tangan, bahu membahu, menyelamatkan kita punya negeri dari keterpurukan," kata dia.

 

 

Namun, kabar kepulangan Habib Rizieq ini justru dibantah oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel. Agus memastikan jika Habib Rizieq hingga kini masih belum diizinkan untuk keluar dari Kota Makkah, Arab Saudi.  

Lantaran Habib Rizieq masih dalam status "red blink".  

"Dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Saudi masih blinking merah dengan tulisan ta’syirat mutanahiyah (visa habis) dan dalam kolom lain tertulis mukhalif (pelanggar UU)," kata Agus.