Dhea  Lukita Andriana saat pengukuhan Paskibraka 2020 di Istana Negara, (foto dok.Sekretariat Presiden)
Dhea  Lukita Andriana saat pengukuhan Paskibraka 2020 di Istana Negara, (foto dok.Sekretariat Presiden)

Tak terbayang sebelumnya, Dhea  Lukita Andriana bakal kembali diberi kepercayaan untuk menjadi petugas Paskibraka 2020. Pemudi asal Jawa Timur ini yang fotonya diunggah di media sosial Presiden Joko Widodo. 

"Dampak pandemi Covid-19 yang memaksa pemerintah melakukan pembatasan aktivitas formal yang melibatkan banyak orang, termasuk dalam hal perayaan HUT Ke-75 Kemerdekaan," ungkap Ketua Purna Paskibra Indonesia (PPI) Jatim Sarjono Jumat 14/8/2020 kepada JatimTIMES. 

Baca Juga : Uji Coba Masuk Sekolah 18 Agustus, Gubernur Khofifah: Berdasarkan Zonasi Wilayah Covid-19

Pria yang akrab disapa Bang Jon ini menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengukuhkan delapan Paskibraka di Istana Negara pada Kamis, 13 Agustus 2020. 

"Lengkapnya silahkan dilihat YouTube Sekretariat Presiden," jelasnya. 

"Yang membanggakan kami dan PPI Jatim  yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Dhea Lukita Andriana, salah satu anggota Paskibraka yang merupakan siswi SMA Negeri 1 Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur," ungkapnya.

Berdasarkan siaran dari YouTube Sekretariat Presiden, acara pengukuhan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. 

Setelah itu para anggota Paskibraka juga mengucapkan Ikrar Pemuda Indonesia yang dipandu oleh Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam. Kemudian Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan pengukuhan. 

“Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Negara pada 17 Agustus 2020. Selanjutnya, pada para gubernur di 34 provinsi, saya persilakan mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang bertugas di provinsi masing-masing. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara," demikian kutipan yang disampaikan Presiden Jokowi pada pengukuhan. 

Baca Juga : Bayar Air Online, PDAM Jember Gandeng Bank Jatim Syariah

Memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan upacara HUT ke-75 Republik Indonesia kali ini digelar secara terbatas dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan masyarakat dari pandemi Covid-19. 

Jumlah anggota Paskibraka yang akan bertugas pada upacara detik detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada tahun ini juga tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, hanya delapan orang dari delapan provinsi. 

Mereka adalah anggota Paskibraka tahun 2019 lalu, yang di panggil kembali yakni Indrian Puspita Rahmadhani (SMAN 1 Bireuen Aceh), I Gusti Agung Bagus Kade Sangga Eira Adhita (SMAN 1 Mendoyo Bali), Sudrajat Prawijaya (SMAN 4 Rejang Lebong Bengkulu), Muhammad Arief Wijaya (SMAN 2 Kendari Sulawesi Tenggara). Muhammad Asri Maulana (SMAN 1 Kandangan Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan), Sylvia Kartika Putri (SMA Sawasta Kartika 1-4 Pematang Siantar Sumatera Utara), Dhea Lukita Andriana (SMAN 1 Ngunut Tulungagung Jatim) dan Muhammad Adzan (MAN 2 Kota Bima NTB).