Dari kiri, Kakanwil Kemenkumham Jatim, Krismono, Kalapas Lowokwaru, Anak Agung Gede Krisna, Staf Khusus Kemenkumham Fajar Lase (Ist)
Dari kiri, Kakanwil Kemenkumham Jatim, Krismono, Kalapas Lowokwaru, Anak Agung Gede Krisna, Staf Khusus Kemenkumham Fajar Lase (Ist)

Birokrasi bersih merupakan tuntutan bagi setiap kantor pelayanan masyarakat. Sayangnya, dari 44 satuan kerja (satker) di bawah Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Provinsi Jawa Timur (Jatim), baru dua yang mendapat predikat bersih birokrasi dan bebas korupsi. 

Saat ini, 44 satker itu tengah menjalani penilaian tahap akhir dari tim penilai nasional untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Baca Juga : Uji Coba Masuk Sekolah 18 Agustus, Gubernur Khofifah: Berdasarkan Zonasi Wilayah Covid-19

Hal itu dibenarkan, Kepala Kanwil Kemenkumham, Krismono saat mendampingi Staf Khusus Kemenkumham mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) beberapa waktu lalu.

“Ada 64 satker yang diusulkan untuk predikat WBK maupun WBBM, tapi yang lanjut ke penilaian akhir ada 44,” tuturnya. 

Untuk tim penilai nasional sendiri, lanjutnya, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). "Nanti Kemenpan RB bisa juga nunjuk mungkin untuk surveinya dari BPS, ataupun bisa juga minta masukan dari Ombudsman," jelasnya.

Dalam pemantauan persiapan untuk penilaian, Kakanwil bersama staf khusus memantau sejumlah pelayanan dari Lapas Klas 1 Malang. Mulai dari  pelayanan kunjungan penitipan barang, museum, pos terpadu P4GN dan seluruh layanan publik yang menjadikan tools pembangunan zona WBBM.

Lanjut Krismono, dari 44 tersebut, tiga di antaranya ke tahapan yang lebih lanjut, yakni berproses untuk menuju predikat WBBM. Karenanya, pihaknya bersama staf khusus melakukan pemantauan di lapangan terkait kesiapan satker untuk dinilai tim penilai agar memperoleh hasil yang baik.

"Tahun ini ada tiga yang berproses ke WBBM, Lapas Klas 1 Malang, Kantor Imigrasi Klas 1 Surabaya dan Kantor Imigrasi Perak, karena mereka telah meraih WBK," terangnya.

Baca Juga : Bayar Air Online, PDAM Jember Gandeng Bank Jatim Syariah

Sementara itu, dari di Jawa Timur sendiri, terdapat dua satker yang saat ini sudah mendapatkan predikat WBBM. Dua Satker tersebut yakni Lapas Klas 2 Sukun atau Lapas Wanita dan Kantor Imigrasi Blitar.

"Ya memang baru ada dua itu yang WBBM. Tapi kita harapkan tahun ini bertambah, setelah tiga satker, Lapas Klas 1 Malang, Kantor Imigrasi Klas 1 Surabaya dan Kantor Imigrasi Perak masuk ke tahap akhir penilaian," pungkasnya.