Pekerja sedang nelakukan pemasangan paving di Jalan Teratai Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)
Pekerja sedang nelakukan pemasangan paving di Jalan Teratai Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Banyuwangi terus melakukan program perbaikan infrastruktur dalam mewujudkan kota yang rapi, bersih, indah, sehat dan mempesona. 

Hal ini agar mampu menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke kota di ujung timur Pulau Jawa yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa ini. Salah satu program yang dilaksanakan adalah pemasangan paving di sepanjang jalan protokol dan jalan sekitar sekolah yang ada di Banyuwangi.

Baca Juga : 100 Karyawan Non-Reaktif, Mall Pelayanan Publik Banyuwangi Kembali Beroperasi

Menurut Danang Hartanto, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi, program pemasangan paving ukuran 20 x 30 cm untuk sementara dilaksanakan di Kecamatan Kota Banyuwangi, Glagah dan Kecamatan Giri.

Selanjutnya program tersebut akan dilaksanakan di wilayah kecamatan yang lain secara bertahap dan mengacu pada kemampuan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banyuwangi di masa mendatang.

Menurut dia pelaksanaan pemasangan paving selain untuk pelebaran fasilitas jalan juga dimaksudkan untuk mencegah dan menahan masuknya pasir ke saluran air yang ada di sepanjang jalan.

"Sedangkan pavingisasi di lingkungan sekolah dimaksudkan sebagai tempat penurunan penumpang (drop zone) kendaraan umum maupun pribadi  agar tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas di sekitar sekolah tersebut," jelasnya.

Danang menambahkan, program perbankan fasilitas jalan yang dilakukan juga sebagai upaya mendukung kelancaran dan kesuksesan  kebangkitan pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi wabah Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga : Edukasi Masyarakat, Ketua LKKNU Banyuwangi: Adminduk Penting

Agar kondisi jalan dapat terjaga dan terpelihara, PU Banyuwangi berharap dukungan dan peran aktif warga masyarakat untuk terlibat dalam menjaga bersama dengan petugas yang jumlahnya sangat terbatas.