Suasana pemakaman pasien PDP di Kabupaten Madiun.
Suasana pemakaman pasien PDP di Kabupaten Madiun.

Pasien Dalam Pemantauan (PDP) warga Kabupaten Madiun meninggal dunia di salah satu Rumah Sakit (RS) di Surabaya, Jumat (14/7/2020). Jenazah pasien dibawa ke kampung halamannya untuk dimakamkan di Desa Kedung Maron, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

Pemakaman Pasien PDP tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19. Tampak petugas saat melakukan pemakaman menggunakan APD lengkap, di sekitar makam juga dilakukan penjagaan oleh anggota Polsek Pilangkeceng.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Kian Melonjak, Pemkot Malang Pastikan RS Rujukan Covid-19 Aman

Kapolsek Pilangkenceng AKP Sumantri mengatakan, adanya pemakaman warga di wilayah hukumnya dengan status PDP melibatkan personel untuk melaksanakan pengamanan.

“Ini merupakan pemakaman PDP di wilayah Kecamatan Pilangkenceng. Walaupun tidak ada penolakan dari warga, kita tetap siagakan personel untuk mencegah hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Sumantri juga menerangkan, pasien tersebut awalnya mengalami sakit batuk dan demam pada (15/7/2020) kemudian oleh pihak keluarga dibawa ke RS. Setelah dirawat, kemudian dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

Meninggalnya pasien karena berstatus PDP, maka dari pihak RS penanganannya dilakukan dengan protokol kesehatan mulai dari pengurusan jenazah, dan juga saat pemakamannya pun sesuai protokol Covid-19.

Tim medis pun telah melakukan pemeriksaan dengan kontak dekat pasien. Hasilnya menyatakan satu anggota keluarga yang kontak langsung dengan pasien sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).