Kapolres Blitar Kota meresmikan tempat baru uji praktek SIM di Kec Kepanjenkidul
Kapolres Blitar Kota meresmikan tempat baru uji praktek SIM di Kec Kepanjenkidul

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela meresmikan tempat praktik Uji Surat Izin Mengemudi (SIM) kendaraan, Jumat (13/3/2020). Tempat baru praktek SIM tersebut berada di Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar.

Menurut AKBP Leonard, menyampaikan peresmian ini merupakan bagian dari menyukseskan program Siapa Latihan Lulus Ujian (Silalu) Sat Lantas Polres Blitar Kota. 

Lapangan uji praktik SIM ini dibangun dengan tujuan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Serta diharapkan menjadi media pendidikan bagi masyarakat terkait keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

“Lapangan praktik SIM ini untuk memberi pelatihan bagi masyarakat yang ingin mengikuti ujian praktik untuk memperoleh SIM. Program inovatif ini diluncurkan atas respons banyaknya keluhan masyarakat yang menyatakan bahwa untuk mendapatkan SIM sangat sulit atau dipersulit oleh petugas,” ujar Leonard.

Diharapkan ke depan inovasi-inovasi program yang diterapkan Polres Blitar Kota, seperti tempat baru praktek SIM  ini dapat menekan dan mengurangi angka tindak pelanggaran pengendara, dan kecelakaan dalam berlalu lintas.

“Program ini juga bermaksud untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan faktor human error karena pengemudinya tidak mahir dalam mengemudi. Serta menunjang pelayanan kepolisian di bidang lalu lintas,” tandasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan launching tempat baru praktek SIM di Kecamatan Kepanjenkidul turut dihadiri PJU Polres Blitar Kota, Kapolsek Kepanjenkidul Kompol Agus Fauzi, Muspika Kecamatan Kepanjenkidul, Lurah serta pelajar.

Dalam kesempatan tersebut Personel Sat Lantas Polres Blitar Kota menunjukan cara mengendarai sepeda motor dalam ujian praktek SIM yang benar dan sesuai aturan, kemudian masyarakat diberi kesempatan untuk mencoba berlatih praktek ujian SIM tersebut.(*)