Produk busana lokal Malang Zhazha Cloth dibandrol dengan harga paling mahal Rp 115.000 (foto: Zhazha Cloth for MalangTIMES)
Produk busana lokal Malang Zhazha Cloth dibandrol dengan harga paling mahal Rp 115.000 (foto: Zhazha Cloth for MalangTIMES)

Tidak ingin menyusahkan orangtua. Wanita asal Malang Effa Nur Azizah lantas berusaha mandiri dengan membuka usaha online.

"Saat itu orangtua bilang uangnya dihemat ya," tuturnya kepada MalangTIMES. Anak muda memiliki usaha online mungkin bukan hal baru. Tetapi bagi Effa, ia tidak mau sembarang punya onlineshop. Harus ada beda meski saat itu masih studi Effa. Ia membuka usaha di bidang fashion. 

"Kebetulan tante ada yang jual kain, dan keluarga punya penjahit langganan. Dan  jadilah aku akhirnya buka usaha online dan waktu itu awalnya aku bikin rok. Saat itu, bergaya monochrome atau hitam putih," jelas alumnus UIN Maliki Malang ini. 

Setelah rok, lewat label Zhazha Cloth Effa mengatakan ia lantas memproduksi busana. Darimana ide model busana kreasinya? "Kalau ide bisa darimana saja. Misalnya saja dari web-web label internasional. Selain itu, juga dari tren yang berkembang," sambungnya. 


Pemilik label asal Malang Zhazha Cloth Effa Nur Azizah (foto: Effa for MalangTIMES) 

Produk busana milik Effa ia serahkan pada konveksi. Untuk bahan, material kain yang banyak dipakai adalah peachsofie. "Kalau peachsofie itu semacam crepe tapi lebih halus, jadi lembut banget dipakai," tegas wanita berusia 21 tahun ini. 

Selain kain peachsofie, Effa juga menggunakan material kain lain yaitu baloteli dan maxmara. Pemilihan bahan ini, jelasnya, juga memperhatikan tren terkini. "Karena saat ini banyak pakaian dengan bahan maxmara," ujarnya. 

Promosi usaha ini masih difokuskan melalui media sosial Instagram. Jasa promosi melalui selebritas Instagram (selebgram) juga dilakukan oleh Effa. Lantas berapa harga busana produk lokal Malang ini? 

"Harga rata-rata dari Rp 85.000 sampai paling mahal aku hanya menetapkan di harga Rp 115.000 saja," tukas Effa. (*)